Mengenal Home Row Keys, Top Row Keys, dan Bottom Row Keys pada Keyboard

18/01/17
keyboard

Keyboard memiliki beragam tombol dengan fungsi yang berbeda - beda. Ada huruf, angka, simbol, dan tombol - tombol fungsi. Tombol - tombol tersebut tersusun rapi berdasarkan layout yang digunakannya.

Dalam mengetik, layout keyboard memiliki 3 bagian yang biasa disebut Top Row, Home Row, dan Bottom Row. Sedangkan tombol - tombol yang terdapat di dalamnya disebut Top Row Keys, Home Row Keys, dan Bottom Row Keys.

Apa itu Top Row, Home Row, dan Bottom Row ?

Nah, di artikel ini ane akan menjelaskan ketiga hal tersebut.

Top Row Keys


Top Row
Top Row Keys

Layout keyboard biasanya dinamakan sesuai dengan barisan tombol huruf yang terletak di bagian kiri atas, seperti contohnya QWERTY, AZERTY, dan QWERTZ. Nah, karena letak huruf-huruf tersebut berada di barisan atas, maka tombol-tombol tersebut dinamakan top row keys.

Dalam layout QWERTY, Top row keys terdiri dari huruf Q, W, E, R, T, Y, U, I, O, P. Begitupun juga tombol yang berisikan angka dari 1 sampai 0, dan tombol-tombol simbol yang berada di barisan atas juga termasuk Top Row Keys.

Home Row Keys


Home Row
Home Row Keys

Home Row Keys adalah barisan tombol-tombol sebagai tempat jari-jari kita ketika sedang berada dalam posisi diam saat mengetik. Istilahnya kayak default position jari kita pas ngetik gitu. Contohnya, pada layout QWERTY letak home row keys pada tangan kiri agan ada di huruf A, S, D, dan F dan pada tangan kanan terletak pada huruf J, K, L, dan ;(semicolon). Itu sebabnya kenapa pada huruf F dan J terdapat benjolan yang berfungsi sebagai patokan jari kita. Sedangkan kedua jempol, letak home rownya ada pada space bar.

Lalu mengapa posisi default jari kita harus berada di home row bukan di top atau bottom row? Jawabannya simpel, untuk memudahkan kita dalam mengetik. Coba agan bayangkan kalau posisi default jari kita berada di top row atau bottom row, pastinya tombol-tombol di baris lain yang mau dipakai makin jauh jaraknya, lalu kenyamanan, efisiensi, dan kecepatan dalam mengetik juga bakal gak enak.Bandingkan jika jari kita berada di home row dimana tombol-tombol di baris lain mudah diakses karena jaraknya yang berdekatan, di atas dan di bawah. Home row juga dijadikan sebagai tempat huruf-huruf yang sering digunakan dalam mengetik karena barisan ini merupakan barisan yang sering diakses jari kita.

Bottom Row Keys


Bottom Row
Bottom Row Keys

Yang terakhir ini adalah Bottom Row Keys. Mungkin agan pasti tahu ini apa setelah melihat dua penjelasan di atas (bahkan satupun bisa). Tapi biar saling melengkapi, tak ada salahnya agar diikutsertakan, hehe.

Row paling bawah ini terletak di bawah home row keys. Biasanya, huruf yang paling jarang digunakan ketika mengetik diletakkan di barisan ini. Contohnya huruf Z dan X pada layout QWERTY. Dalam layout QWERTY, bottom row keys terdiri dari tombol Z, X, C, V, B, N, M, koma, titik, dan slash.

Sumber : Computer Hope



Semoga bermanfaat dan mohon maaf kalau ada kesalahan. See ya!

Pemilik blog Kompirumpi yang masih noob.

Related Post

Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar:

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan. No spam ya...