Apa Itu Komputer dan Pengertiannya

08/01/17
Komputer


Halo agan-agan !!! Selamat tahun baru 2017 !!!. Pada kesempatan kali ini ane akan membahas topik yang menjadi inti dari tema blog ini, yaitu komputer (yaiyalah emang apalagi?). Maksudnya, artikel yang ane ketik ini akan membahas tentang pengertian dari komputer itu sendiri. Segala jawaban tentang apa itu komputer akan ane tulis di sini.


Apa yang ada di benak agan-agan ketika mendengar kata “komputer” ? Sebagian dari agan pasti akan berpikiran kalau komputer itu adalah perangkat elektronik yang terdiri dari sebuah monitor, kotak CPU (sebenarnya sebuah Casing yang dalemnya CPU, Motherboard, dll), keyboard, dan mouse. Ya, itu memang komputer, namun itu adalah salah satu dari sekian banyak jenis komputer, sebutannya adalah Personal Computer (PC) atau komputer yang biasa digunakan untuk melakukan hal-hal umum.seperti mengetik, nonton film, browsing, main game. dan lain-lain.


Hmm… lalu apa sebenarnya komputer itu ? Kata komputer berasal dari Bahasa inggris yaitu Computer/To Compute atau dari Bahasa Yunani yaitu Computare yang artinya menghitung. Berdasarkan sejarahnya, kata computer pertama kali digunakan oleh orang Inggris pada tahun 1613 dengan arti menghitung atau melakukan penghitungan, sampai akhirnya arti computer berubah setelah Pak Babbage menemukan sebuah mesin hitung yang dinamakan Analytical Engine pada tahun 1837. Sejak saat itu computer diartikan sebagai mesin berhitung atau alat berhitung.

Charles Babbage
Opa Babbage


Sekarang, mari kita lihat macam-macam pengertian komputer.

Secara umum, pengertian komputer adalah perangkat elektronik untuk mengolah data yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama membentuk sebuah sistem kerja yang dapat menjalankan pekerjaan secara otomatis berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya sehingga dapat menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.

Menurut KBBI sendiri , definisi komputer adalah :
komputer/kom·pu·ter/ n alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan sebagainya), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan;  

Lalu bagaimana menurut pendapat para ahli? (ahli komputer pastinya).

Robert H. Blissmer

Komputer adalah suatu alat elektronnik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi

C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky

Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.

Elias M. Awad

Komputer adalah sebuah alat penghitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

Donal H. Andreas

Komputer adalah sistem elektronik untuk manipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (sistem operasi) yang tersimpan di dalam penyimpanannya (stored program).

Larry Long dan Nancy Long

Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentsikan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik.

Williams Sawyer

Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta & gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya kedalam informasi yang dapat kita gunakan.

William M. Fuori

Komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia.


Jadi kesimpulan ane tentang pendapat Mas-Mas dan Mbak ahli diatas, seperti ini :
  • Komputer adalah segala alat atau mesin yang bekerja dengan sistem Input (memberikan masukan/perintah), Proses (pengolahan data), Output (keluaran/hasil), dan Storage (penyimpanan data)
  • Komputer merupakan alat untuk menghitung,memproses, dan memanipulasi data sehingga bisa memberikan hasil (output)
  • Hasil dari pemrosesan komputer bisa berupa data digital atau analog


system


Setelah semua definisi di atas dibaca dan dipahami, maka bisa diketahui jika komputer merupakan segala alat atau mesin yang dapat memproses instruksi dari kita (manusia) berdasarkan program yang dibuat untuk memberikan hasil yang diinginkan.

Di zaman modern ini, kemana pun kita berjalan pasti akan menemukan komputer. Contoh mainstream seperti Lampu lalu lintas, Mesin ATM, Escalator, atau pintu otomatis di mall merupakan sebuah komputer. 


computer

Bahkan alat-alat di rumah agan seperti TV, kulkas, dan mesin cuci juga termasuk komputer lho. Mengapa?  Karena mesin-mesin tersebut dijalankan oleh sebuah program komputer. Tanpa adanya komputer di mesin-mesin tersebut, mereka hanyalah bongkahan usang yang tak berguna.

Oke, jadi jelas ya kalau komputer itu gak sebatas PC (Personal Computer) aja. Komputer banyak jenisnya, bahkan DVD Player yang agan biasa setel buat mainin lagu Iwan Fals bisa disebut komputer juga. Mungkin di lain kesempatan ane akan membahas jenis – jenis komputer.


Semoga bermanfaat dan mohon maaf kalau ada kesalahan. See ya!

Pemilik blog Kompirumpi yang masih noob.

Related Post

Next
First
Click here for Comments

4 komentar:

avatar

artikelnya sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah saya min. dan saya minta izin untuk menaruh website kampus saya min, demi tugas kuliah ya ISB Atmaluhur

avatar

Terimakasih atas informasinya, sangat membantu saya dan sangat bermanfaat
perkenalkan saya CILLIA mahasiswa dari ISB Atmaluhur

avatar

terimakasih atas infonya kak,semoga jaya terus dan semakin berkembang dalam berkarya,sekaligus menambahkan wawasan saya
jangan lupa buat mampir ke website kampus saya
ISB Atma Luhur

perkenalkan nama saya muhammad rinaldy

avatar

terimakasih kak artikelnya sangat bermanfaat.
perkenalkan nama saya zulfa dari ISB AtmaLuhur

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan. No spam ya...