Apa Saja Keuntungan dan Kerugian Sosial Media?

22/01/17
sosmed

Di zaman modern ini, orang-orang dapat mudah berkomunikasi tanpa mengenal batas, kapanpun dan dimanapun. Semua itu berkat adanya sosial media.

Sosial media memang sudah digunakan banyak orang di seluruh dunia, contohnya saja Facebook yang sampai saat ini telah memiliki 1,8 Miliar pengguna aktif di dunia. Tak heran jika orang-orang yang kita kenal pasti memiliki akun facebook, bahkan ada beberapa orang yang memiliki lebih dari satu akun.

Sosial media sepertinya memang telah menjadi kebutuhan orang-orang saat ini. Tidak hanya untuk berinteraksi dengan orang-orang terdekat, sosial media bisa digunakan untuk beberapa keperluan. Seperti mencari teman baru, mencari pekerjaan, jualan, berbagi momen penting, atau hanya sekedar mencari hiburan setelah merasakan penatnya kehidupan nyata.

Semua hal yang kita gunakan pasti memiliki dampak, baik atau buruk. Begitu juga dengan sosial media. Meskipun memiliki banyak keuntungan bagi kehidupan manusia, namun sosial media juga memiliki beberapa kerugian yang tak sedikit.

Untuk itu, ane akan menuliskan keuntungan dan kerugian sosial media di bawah ini

keuntungan

1. Borderless

Salah satu fungsi utama sosmed adalah untuk memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan siapapun, dimanapun dan kapanpun.

Agan bisa tetap menghubungi keluarga agan yang ada di Indonesia ketika sedang berada di Jerman, misalnya. Agan juga bisa cari banyak teman dari luar negeri menggunakan sosmed ini.

Dengan semakin berkembangnya sosial media maka komunikasi antar individu di seluruh dunia tidak akan dibatasi oleh apapun. Borderless.

2. Penyambung Tali Silaturahmi

Dengan adanya sosial media, hubungan kita dengan orang-orang yang kita kenal baik dari yang terdekat sampai yang paling jauh seperti teman agan saat TK pun akan tetap terjaga.

Kita bisa mencari dan menemukan teman atau kenalan yang mungkin sudah kita anggap hilang ditelan bumi. Atau bisa juga mereka yang menemukan kita. Reuni atau bahkan sekedar ketemuan untuk melepas rasa kangen antar satu sama lain pun dapat mudah dilakukan karena adanya sosial media ini.

Maka dari itu, sosial media bisa disebut sebagai penyambung tali silaturahmi.

3. Informasi Update Terus!

Zaman sekarang dunia sudah tak lagi memiliki batas. Kita bisa mengetahui keadaan seisi dunia ini tanpa harus berada langsung di tempatnya.

Sosial media membuat kita mengetahui apa yang terjadi di dunia ini secara up to date. Hal-hal yang menjadi trending topic dunia pun bisa kita ketahui dengan cepat, seperti pemilihan presiden, perang, hasil pertandingan sepakbola, atau bahkan “OM TELOLET OM” yang pernah viral beberapa waktu yang lalu.

4. Mencari Minat yang Sama

Agan hobi programming tapi temen-temen sekitar agan gak ada yang nyambung kalo diajak ngomong tentang hal itu? Sosial media menjadi jawabannya.

Dengan adanya sosial media, kita semakin mudah menemukan orang-orang dengan minat yang sama seperti kita. Kita dapat bergabung ke suatu komunitas atau mampir di forum-forum diskusi mencari hal yang kita butuhkan. Video-video tutorial pun banyak bertebaran di Youtube.

Kita juga dapat saling sharing ilmu dan pengalaman kita ke orang-orang yang memiliki minat yang sama.

5. Mempermudah Karir

Sosial media juga dapat mempermudah agan dalam berkarir. Salah satu contoh sosial medianya adalah Linkedin. Linkedin merupakan sosial media untuk profesional, jadi kalau agan mau bercanda atau hepi-hepi bukan di sini tempatnya. Ini isinya serius semua.

Serius.

Di sini agan bisa cari-cari koneksi buat kerja, melamar kerja, masang lowongan kerja, atau sharing pengalaman karir agan juga bisa. Jadi, agan gak harus buka-buka kolom karir di koran kalau mau cari kerja.

6. Lebih Dekat Dengan Idola

Sosial media untuk semua kalangan, bahkan untuk orang-orang terkenal sekalipun. Mereka sering kali berbagi kabar atau foto seperti di facebook, twitter, atau instagram.

Dengan kita memfollow atau mensubscribe akun idola kita, maka kita akan selalu update tentang aktivitas mereka.

Kapan dia manggung, kapan dia rilis album baru, jadian sama siapa, barusan dia ngepain, dimana dia selfie, semuanya bakal agan ketahui. Jika agan beruntung, agan juga bisa ngobrol langsung sama idola agan. Kalo beruntung loh ya.

7. Tempat Promosi dan Jualan

Pedagang, pebisnis, perusahaan semakin dimudahkan dengan adanya sosial media. Karenanya, mereka tak perlu lagi repot-repot menawarkan produk/jasa mereka secara langsung (face-to-face). Jangkauan mereka juga menjadi lebih luas dan lebih banyak seiring meluasnya penggunaan sosial media di seluruh dunia.

Tak hanya produk atau jasa yang bisa dipromosikan. Blog atau website agan juga bisa dipromosikan di sosial media milik agan biar banyak pengunjungnya.

Tapi ingat, jangan melakukan promosi yang berlebihan, seperti contohnya broadcast di BBM atau komen bot di Instagram. Spam soalnya.

8. Hiburan

Sosial media juga dapat menjadi obat dikala kebosanan melanda. Hiburan mudah didapatkan dengan sosial media. Jadi agan gak perlu lagi repot repot nyari hiburan di tv yang saat ini mayoritas acaranya gak jelas.

Tinggal buka smartphone atau PC, agan langsung bisa have fun sendiri. Contohnya seperti facebook, dimana agan bisa langsung memainkan game yang ada biar gak suntuk, atau mungkin agan bisa melihat video-video kocak di youtube yang bisa bikin agan ketawa ketawa sendiri.


kerugian

1. Sarana Kejahatan

Zaman semakin modern, kejahatan gak cuma bisa dirasakan langsung kayak jambret atau copet. Kejahatan sudah merambah dunia internet. Istilah kerennya Cybercrime.

Sosial media pun menjadi tempat bagi para pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya. Penipuan, penyebaran virus komputer, dan pencurian identitas merupakan kasus kejahatan yang sering dilakukan di sosial media.

2. Kecanduan

Sosial media itu memang seru, saking serunya sampai membuat kita tidak bisa lepas darinya.

Sosmed memiliki efek adiktif bagi sebagian seseorang. Semua itu dimulai karena satu hal, yaitu penggunaan yang berlebihan. Seperti kata orang bilang, “Semuanya yang berlebihan itu tidak baik” bahkan untuk sosial media sekalipun.

Candu sosial media sering membuat orang lupa waktu, akibatnya banyak sesuatu yang harus dilakukan malah tidak dilakukan karena terlalu sibuk mengurusi sosial media.

Ada baiknya jika kita menggunakan sosial media seperlunya saja, banyak hal penting yang bisa dilakukan selain membuang buang waktu di timeline sosmed.

3. Cyberbullying

Kalau tadi di poin 1 ada yang namanya cybercrime, sekarang ada yang namanya cyberbullying.

Yaitu bentuk kekerasan pada dunia maya dimana pelaku dan korban masih di bawah umur dan belum masuk kategori dewasa. Cyberbullying di sosial media kerap terjadi seperti mengejek, mengancam, memfitnah, dan mempermalukan korban.

Cyberbullying yang bersifat kekerasan non-fisik bisa dibilang lebih bahaya daripada Bullying fisik (meskipun keduanya memang berbahaya) karena menyerang mental dan psikologi korban. Kalo yang gak kuat bisa-bisa si korban cyberbullying ini bisa bunuh diri,lho. Serem ya.

Semoga generasi muda di Indonesia ini makin sadar agak tidak melakukan cyberbullying di sosial media dan semakin bijak menggunakannya.

4. Ancaman Privasi

Ketika membuat sosial media, kita sering diminta untuk mengisi form tentang hal-hal yang berhubungan dengan informasi pribadi kita. Tak ada yang bisa menjamin jika informasi pribadi kita akan selalu aman dalam sosmed tersebut.

Banyak orang jahat nan pintar yang dapat mencuri dan menyalahgunakan informasi pribadi agan untuk keperluan mereka sendiri. Yang pasti agan akan sangat dirugikan dalam hal ini.

Mereka juga bisa mendapatkan informasi seperi alamat rumah dan nomor telepon agan yang nantinya bisa mereka gunakan untuk hal-hal buruk.

5. Penyebar Isu Hoax

No pic = HOAX. Beberapa orang pasti sudah pernah melihat kata-kata tersebut.

Yup, semua informasi di sosial media memang tidak ada yang pasti. Benar belum tentu benar, salah belum tentu salah. Semua membutuhkan bukti yang sah.

Kebohongan atau HOAX memang lumrah terjadi di internet. Sayangnya, banyak oknum-oknum yang menyebar kebohongan tersebut lewat sosial media sehingga dapat memicu perdebatan, keributan, dan perpecahan. Apalagi isu yang disebarkan berbau hal sensitif, contohnya agama.

Agan-agan mulai sekarang harus selektif dalam memilih informasi, jangan langsung terpancing ataupun emosi. Telusuri sumbernya dan jadilah netizen pintar.

6. Menjauhkan yang Dekat

Momen kumpul-kumpul mungkin sudah gak ada rasanya lagi berkat kehadiran sosial media. Masing-masing individu pada asik sama smartphonenya masing-masing.

Bukannya saling bercengkrama dan ngobrol sama yang dekat, tapi malah asik chat sama temen yang jauh di sana.

Ingat gan, dalam menggunakan sosial media kita harus tau situasi dan kondisi. Gak mau kan kalau momen kumpul bareng temen agan berasa hambar karena sosmed ini.

7. Ajang Pamer

Tak jarang sosmed dijadikan lahan pamer untuk sebagian orang. Entah itu pamer barang-barang mewah, pamer makanan mewah, pamer kendaraan, pamer jalan-jalan, pamer kegiatan, pamer ibadah, pamer pacar, pamer belahan dada (oops!).

Pokoknya sosial media disalahgunakan jadi pameran deh.

Intinya efek negatif dari sering pamer ini bakal balik lagi ke orang yang suka pamer itu. Bukannya nambah temen malah nambah haters.

Sebenarnya sah-sah saja memberikan suatu momen asalkan tidak berlebihan. Ingatlah jika pamer yang berlebihan itu tidak baik.

8. Banyak Spam

Ada banyak spam dan spammer yang berada di sosmed. Keberadaan mereka yang mengganggu tentu saja membuat kita risih.

Kebanyakan spammer yang berada di sosmed ini menggunakan fake account atau bot. Spam-spam yang dikasih oleh bot ini beragam. Seperti halnya komentar yang berisi iklan suatu produk, pesan yang isinya iklan juga, clickbait, share postingan gak senonoh, dan semua yang sifatnya mengganggu.

Sudah mengganggu bawa penyakit pula. Tak jarang banyak orang yang terkena virus komputer ketika mereka mengklik link spam yang dikirimkan oleh bot.

Sosial media bagai pisau bermata dua. Bisa mendatangkan keuntungan, namun juga bisa membuat kerugian. Semua tergantung dari manusianya. Sebagai manusia yang beradab, kita harus bisa mendatangkan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Semoga agan-agan semua dapat selalu menggunakan sosial media dengan bijak dan benar.


Semoga bermanfaat dan mohon maaf kalau ada kesalahan. See ya!

Pemilik blog Kompirumpi yang masih noob.

Related Post

Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar:

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan. No spam ya...